Saturday 17 September 2016

Cara Mudah Belajar Coding Untuk Pemula

Yahalo ^_^
Sudah lama sekali ane ga posting yang berkaitan dengan Coding /karna dulu ane tiap hari ngprek coding sekarang ane ngitungin duit orang :v. Yang akan ane bahas sekarang adalah tentang bagaimana cara kita dalam belajar coding . Mungkin bagi agan yang sudah terjun dalam dunia programmer, coding bukan lah hal yang asing dan menyulitkan karena itu makanan agan sehari hari :v
Langsung cek Tekape lha ;)

Ane akui , ane juga bukan orang yang ahir banget soal programming kali ini ane mau kasih tau tentang sedikit pembahasan dari pengalaman ane sendiri dalam mencoding.

Harus dari mana sih kita belajar mencoding atau belajar tentang bahasa pemrograman?
  1. Pilih satu bahasa pemrograman yang ingin agan-agan kuasai. Terserah mau bahasa pemrograman apa saja, bisa bahasa pemrograman dekstop seperti java , c++ , c , dan masih banyak yang lain atau bisa bahasa pemrograman web seperti php dan yang lainya. Tapi ane anjurkan bahasa java terlebih dahulu karena java adalah bahasa pemrograman yang saya ketahui :v.
  2. Selalu mencoba mengotak atik coding. Dengan kita mengotak atik coding kita akan tau dan akan terbisa dengan yang namanya coding. Ane belakangan ini suka ngotak ngatik coding thema nya dari Rainmeter coba aja deh ga sulit kok selagi agan mau melakukannya :).
  3. Nah jika agan mengalami yang namanya erro jangan cepat menyerah. Error merupakan hal yang wajar dalam belajar. Setiap orang yang sedang belajar pasti sering mengalami yang namanya error, begitu juga dengan ane sendiri.
  4. Carilah tutorial dari buku ,entah itu agan beli buku atau meminjam buku terserah agan deh. Selain buku juga bisa mencari lewat internet bersama mbah google.
  5. Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mencoding. Ingat pepatah jawa bilang "Tresno jalaran soko kulino" yang artinya suka itu karena sudah terbisa, “Alon-alon asal kelakon”. Jadi jika agan sudah terbiasa dengan coding maka lama kelamaan agan akan suka. Apa lagi jika kita menemukan error dan kita bisa mengatasi nya rasanya perjuangan ane ga sia sia.
  6. Bergabunglah dengan forum-forum programming yang sudah ada dan mulailah sharing ilmu dengan yang lainnya .
  7. Kemudian untuk belajar java ane berikan sedikit arahan harus mulai dari mana dulu. Kalo menurut ane sendiri dalam belajar java enaknya mengikuti alur seperti ini .
  • Membaca dahulu tentang apa itu java dan apa saja yang di perlukan.
  • tentang bagaimana cara membuat project , saya sarankan menggunakan IDE netbeans.
  • Belajar tipe data dan operator.
  • Belajar seleksi kondisi (IF - ELSE atau SWITCH CASE). 
  • Belajar looping atau perulangan (FOR , WHILE dan DO WHILE).
  • Belajar Method (FUNGSI dan PROSEDUR). 
  • Belajar array satu dimensi dan juga dua dimensi atau matrik kemudian juga array banyak dimensi .

Ane rasa itu sudah cukup untuk membuat agan mengerti tentang bahasa pemrograman java. Itu merupakan materi dasar dalam perkuliahan di sebut dengan algoritma. Agan harus menguasai itu dulu untuk belajar java lebih lanjut karena masih banyak jika kita berbicara tentang java.


Sekian post kali ini semoga bermanfaat
Bantu share dan kalu ada yang kurang dimengerti bisa komen d bawah ;)

2 comments:

  1. sama saa gan mapir lagi ya ^^

    ReplyDelete
  2. posting yang menarik.. lumayan dapat pengetahuan untuk pemula programmer, ditunggu ya mas postingan yang lebih detail mengenai codingan, khususnya web base ya.. hehee
    Kunjungi website Kampus saya : Atma Luhur

    website saya : Naliyana

    ReplyDelete