Saturday 19 January 2013

Buat Program Pake JAVA – Apa Yang Dibutuhkan?


Untuk membuat program pake JAVA ada beberapa software yang harus disiapkan, software yang dicantumkan gak semuanya mengikat kok, yang wajib hanya yang diberi warna merah aja. Salah satu keunggulan Java adalah “Write Once, Run Anywhere” dimana program Java yang kita sudah program bisa dijalanin di sistem operasi apapun yang mendukung Java, yang paling gampang adalah Windows dan Linux.

Program yang dibuat pake Java di Linux bisa dijalanin di Windows dan sebaliknya dengan memastikan bahwa JRE (Java Runtime Environment) sudah terinstal di komputer yang akan dipake.


  1. JDK (Java Development Kit) – http://java.sun.com/javase                                                  JDK dibutuhkan untuk mengakses pustaka atau data yang dimiliki oleh Java, juga diperlukan untuk mengubah kode yang ditulis dengan bahasa Java menjadi byte code (kompilasi), byte code adalah program Java yang siap untuk dijalankan di komputer(eksekusi). Kalo menginstal JDK maka otomatis dalam komputer juga akan terinstal JRE.
    Perbedaan JDK dengan JRE adalah untuk membuat program kita menggunakan JDK, untuk menjalankan program kita menggunakan JRE.
  2. JRE (Java Runtime Environment) – http://java.sun.com/javase
    Software ini digunakan untuk menjalankan program yang dibuat dengan Java, kalo kita sebagai seorang programmer, maka sewaktu kita menginstal JDK, JRE ikut terinstal, tapi kalo hanya pengen menjalankan program Java, maka hanya perlu JRE. Pastikan di komputer yang akan menjalankan program Java sudah terinstal JRE.
  3. Text Editor
    Text editor dipake untuk mengetikkan program yang kita buat, Untuk mengetik program Java, tidak diharuskan menggunakan software khusus, notepad pun bisa digunakan. Untuk software yang lebih profesional bisa menggunakan.
    • Crimson Editor (http://www.crimsoneditor.com/), sebuah editor teks yang mirip notepad tapi mendukung sintaks penulisan bahasa pemrograman, jadi kalo buat program pake Java, kata-kata tertentu bisa diberi penekanan warna. Program ini juga bisa diset untuk melakukan kompilasi dan eksekusi bahasa pemrograman Java, yang akan diterangkan di tutorial yang lain.
    • Eclipse (http://www.eclipse.org/)
    • NetBeans (http://www.netbeans.org/)
    • BlueJ (http://www.bluej.org/), sebuah editor teks Java yang menarik. Software yang memang ditujukan untuk orang-orang yang ingin atau sedang belajar Java. Memiliki fitur plugin dan plugin yang menarik adalah Jeliot yang bisa membuat animasi dari program yang kita buat, sehingga kita bisa mengetahui aliran dari program tersebut
Semua teks editor diatas adalah software yang gratis, jadi bisa langsung digunakan.

Sekian postingan mengenai Buat Program Pake JAVA – Apa Yang Dibutuhkan?, Semoga bermanfaat ;)

4 comments:

  1. Nice gan, saran lerih baik lagi jika ditambahkan cooding untuk modul pembelajaran, apalagi bagi pemula seperti saya ini... thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, ane baru ngoprek lagi blog nih mudah mudahan tar ane bisa share koding koding di java..

      Delete
  2. sepertinya saya masih sangat bingung, kalau agan berkenan bisa info via email, saya masih bingung dengan smua ini apa perlu di download aplikasinya atau bagaiman.

    wandika18@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk JDK dan JRE nya wajib idi instal di kompi gan, kalo untuk Teks Editornya agan tinggal pilih salah satu aja buat ediitornya..

      Delete